Kajian Keorganisasian

 

Keorganisasian



 

            Organisasi sangat lekat dengan manajemen dan kepemimpinan dan digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Manajemen yang paling mendasar adalah planning (perencanaan), Organizing (Pengaturan), Actuating (Pengarahan), dan Controlling (Pengontrolan). Dalam sistem organisasi, terdiri dari input, proses, output, lalu feedback, yang dimana input merupakan sumber daya yang dibutuhkan hingga feedback yang dihasilkan yaitu tujuan yang tercapai.


            Kesuksesan organisasi dilihat dari internal dan eksternal, yang pertama kompetensi dan skill, serta kesempatan seperti relasi dan waktu yang dimiliki. Dalam pelaksanaan manajemen organisasi ini, planning memiliki pengaruh 50% kesuksesan, sehingga 50% output berpengaruh dari cara perencanaan ini. Kemudian nilai-nilai kepemimpinan terdapat pada bentuk manajemen organizing dan actuating, dimana diperlukan arahan yang terstruktural dari atas hingga ke bawah, pengarahan mengarahkan agar pekerjaan berjalan sesuai perencanaan.



            Filosofi kepemimpinan diibaratkan layaknya sifat-sifat binatang penguasa di setiap kawasan. Gajah dan singa sama-sama berada di daratan, namun singa ddengan mental kuatnya mampu menjadi penguasa di daratan. Rajawali dengan cakrawala yang luas (wawasan yang luas), sehingga menjadi penguasa di udara dan lumba-lumba yang menjadi penguasa di lautan sebab sikapnya yang ramah dan lembut pada sesama.


Penulis : Trias Putri Ratu Alamsyah

Belum ada Komentar untuk "Kajian Keorganisasian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel