Kajian Umum “Hot Cold Empathy Gap”

Kajian Umum
“Hot Cold Empathy Gap”

Pemantik : Regita Cahyani

 

            Hot-cold empathy gap atau kesenjangan empati adalah keadaan di mana ketika kita berada pada emosi yang tidak stabil (marah, sedih, dan lain sebagainya) akan sulit memahami pola pikir rasional seseorang yang memiliki emosi emosi stabil, begitupun sebaliknya. Dalam hot-cold emphaty terdapat dua tipe kondisi yang menjadi kecenderungan seseorang yaitu kondisi “Hot State” yang merupakan kondisi ketika kita berada dalam keadaan marah, sedih, kecewa, galau, lapar, dll. Kondisi yang kedua yaitu “Cold State” yang merupakan kondisi di mana kita memiliki emosi yang stabil dan berada dalam keadaan bahagia, tenang, tentram, dan lain sebagainya.

            Kedua kondisi ini nantinya dapat mempengaruhi bagaimana cara kita merasakan, berpikir dan memahami perilaku dari orang lain. Contohnya ketika kita sedang berada dalam kondisi cold state dan mendengarkan sahabat kita bercerita mengenai masalah percintaannya sambil menangis, mungkin terkadang kita akan berpikir bahwa hal tersebut berlebihan, alih-alih memahami dan mengerti keadaanya, kita malah berpikir dan menyepelekannya. “Seandainya aku jadi dia, mungkin aku tidak akan berlebihan seperti itu”. Padahal hal tersebut belum tentu terjadi, bisa saja ketika kita menghadapi situasi yang sama, maka kita juga akan melakukan hal yang sama.

            Begitupun sebaliknya, ketika kita berada dalam keadaan hot State dan kita bercerita kepada teman kita yang sedang berada dalam keadaan cold state maka sebaik apapun teman kita merespon cerita kita, kita akan kesulitan menerimanya dan akan berpikir bahwa dia tidak bisa memahami dan mengerti situasi kita. Hal ini dikarenakan orang tersebut dan diri kita sedang memiliki tingkat emosional dan frekuensi yang berbeda. Ketika kita berada dalam keadaan cold state kita akan merasa kesulitan untuk merasakan jika kita berada di keadaan hot state.

Belum ada Komentar untuk "Kajian Umum “Hot Cold Empathy Gap”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel