LATIHAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN 2019



Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) merupakan program kerja dari bidang PAPO yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 08-10 November 2019 di Tanjung Anging Mammiri. LPK ini merupakan kegiatan lanjutan dari Kawali yang bertujuan untuk meningkatkan potensi kader dalam hal kemampuan analisis, pengembangan kebudayaan, dan kepekaan sosial. Hal tersebut berhubungan dengan tema kegiatan yaitu Pengembangan Sikap Analisis Kader dalam Implementasi Kepekaan Sosial dan Nilai Budaya. Diharapkan setelah diadakannya kegiatan ini dapat memberikan ilmu tentang kepekaan social dan nilai budaya kepada para peserta LPK Angkatan 2019 serta mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari maupun di kehidupan berorganisasi di Hepermawa kedepannya.
            Sebelum kegiatan LPK ini, para peserta kegiatan kawali  angkatan 2019 kemarin diberikan follow up-follow up terkait materi yang telah didapatnya pada kawali. Hal ini bertujuan agar mereka menguasai materi yang sebelumnya dan juga merupakan bekalnya untuk dikembangkan pada Latihan Pengembangan Kepemimpinan. Setelah follow up terlaksana, dilakukanlah pengumpulan untuk membahas persiapan dan kelengkapan pada saat LPK nantinya. Pengumpulan itu dilaksanakan pada tanggal 4 November 2019 di Sekretariat Hipermawa PNUP. Dipengumpulan ini mereka diperkenalkan tentang LPK itu sendiri. Bahkan mereka disuguhkan dokumentasi berupa foto-foto saat Latihan Kepemimpinan tahun lalu.
            Pada tanggal 8 November 2019, peserta dan panitia berkumpul di Sekret Hipermawa Koperti PNUP dan bersiap-siap untuk berangkat bersama ke lokasi, tepatnya di Tanjung Anging Mammiri, Pondok Ana. Setelah shalat Maghrib, sebagian peserta diarahkan ke kendaraan yang akan dipakai untuk berangkat ke lokasi. Saat semuanya telah siap, pemberangkatan pertama dilakukan oleh kendaraan yang mengangkut barang-barang dan sebagian peserta LPK yang didampingi oleh panitia. Sedangkan pemberangkatan kedua dilakukan setelah breafing terlebih dahulu. Barulah setelah breafing, peserta dan panitia menyusul berangkat ke lokasi. Saat tiba dilokasi, semua peserta kegiatan LPK diarahkan untuk melakukan pembukaan terlebih dahulu. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua Umum, Ketua DPA-Kop dan perwakilan dari alumni yaitu Taufan Subroto. Selain itu, Ketua Umum PP Hipermawa yaitu Maskur SH juga turut hadir memberi kata sambutan dan sekaligus membuka kegiatan LPK tersebut secara resmi.



            Selama kegiatan tersebut berlangsung. Peserta diberikan materi-materi yang bertujuan untuk mengembangkan sikap analisis peserta dalam mengimplementasikan kepekaan social dan nilai budayanya. Materi-materi itu antara lain Analisis Wacana dan Problem Solving, Psikologi Komunikasi, Falsafa Gerak, Rekayasa Sosial, dan Kearifan Lokal dan Globalisasi. Selain materi, peserta juga diberi ruang untuk mengembangkan hasil pemikirannya seperti adanya kegiatan Dinamika Kelompok, serta adapula kegiatan pengamatan yang membuat peserta terjun langsung untuk mengamati keadaan disekitarnya dan mengambil tindakan terhadap sesuatu yang menurutnya harus ditindak lanjuti. Setelah semua kegiatan tersebut selesai, barulah dilakukan pemilihan ketua angkatan 2019. setelah melalui proses pemilihan ketua angkatan, terpilihlah Nasrullah sebagai Ketua Angkatan 2019.


            Setelah terpilihnya ketua angkatan 2019, dilakukan persiapan ikrar dan penutupan setelah shalat Dzuhur. Sebelum penutupan secara resmi, dilakukan ikrar terlebih dahulu. Diumumkan pula peserta terbaik selama kegiatan LPK tersebut. Lalu kegiatan LPK ditutup secara resmi oleh perwakilan alumni yaitu Kakanda Fitrah Darmawan. setelah kegiatan LPK ditutup secara resmi, dilanjutkan sesi foto-foto dipinggir pantai oleh para peserta, panitia, pengurus, dan alumni di pinggir pantai. Barulah sebelum shalat Ashar, peserta digiring untuk bersiap-siap untuk pulang. Setelah shalat Ashar peserta, panitia, pengurus, dan alumni berangkat meninggalkan lokasi.

Dokumentasi Kegiatan :
 









Jangan Lupa Ikuti Sosial Media Kami Untuk Mendapatkan Berita-Berita Ter-Update



Belum ada Komentar untuk "LATIHAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel