Wisuda Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)



Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Melalui rapat senat terbuka luar biasa menggelar acara wisuda ke-33 tahun akademik 2019-2020. Sebanyak 1010 lulusan baru tersebut berasal dari 21 program studi yang terbagi menjadi 591 orang lulusan jenjang Diploma III dan 419 orang lulusan jenjang Sarjana Terapan, Alih Jenjang dan kelas program pendidikan kerjasama PNUP dengan PT PLN persero, PT energi Sengkang serta kelas program studi di luar provinsi. Adapun lulusan dari Hipermawa Koperti PNUP sendiri berjumlah 50 orang (22 orang lulusan Sarjana Terapan dan 28 Lulusan Diploma III) Prosesi wisuda yang dirangkaikan dengan perayaan Dies Natalis PNUP dihadiri oleh Direktur Jenderal sumber daya Iptek dan Dikti, Dirjen SDID Kemenristek Dikti dan Gubernur Sulawesi Selatan. Tujuan utama dari pendidikan tinggi adalah untuk mentransformasi masyarakat menjadi sumber daya manusia yang Inovatif dan Adaptif. Oleh karena itu perguruan tinggi diharapkan dapat melahirkan tenaga kerja kompeten yang siap menghadapi industri kerja yang kian berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, keahlian kerja, kemampuan beradaptasi dan pola pikir yang semakin dinamis.

"Liputan Wisuda 2019"

“Jadi salah satu program politeknik Adalah peningkatan kualitas lulusan. Peningkatan kualitas lulusan ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan industri. Itulah namanya konsep link and match. Oleh sebab itu, Bagaimana untuk mengantisipasi kesesuaian lulusan dengan kebutuhan industri dilakukanlah perubahan , revisi kurikulum untuk menyesuaikan antara kebutuhan industri dengan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan Politeknik. Tentu yang diharapkan bahwa lulusan begitu selesai paling lama 6 bulan harus terserap di industri sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Oleh sebab itu, lulusan ini bukan hanya membawa modal ijazah tetapi dia harus membawa sertifikat kompetensi yang dilakukan di dalam kampus yang namanya bnsp dan sertifikat kompetensi yang diperoleh dari industri Melalui magang 6 bulan bersertifikat” ucap Direktur Politeknik.
Dikesempatan yang sama Dirjen sdid kemenristekdikti dalam orasi ilmiahnya menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus bersiap diri dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0 Salah satu yang harus dilaksanakan yaitu penguatan sumber daya manusia yang dimiliki. Ditambahkan olehnya bahwa sumber daya manusia di perguruan tinggi harus memiliki empat soft skill utama yaitu critical of thinking, creative, communication dan collaboration.
“Di era revolusi industri 4.0 ini nanti Banyak sekali pekerjaan pekerjaan baru seperti ahli cloud computing atau big data analyst ataupun hal-hal lain terkait dengan internet of thing yang dibutuhkan, kami berharap para wisudawan wisudawati bisa mengantisipasi itu, Demikian juga program studi untuk dikembangkan kearah yang dibutuhkan oleh pembangunan dan perkembangan industri, teknologi, kaitannya dengan revolusi industri 4.0” Ucap Dirjen sdid kemenristekdikti.
Ketua penyelenggara pada kesempatan yang sama berharap kepada wisudawan yang baru saja menjadi alumni baru di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk menjaga nama baik almamater dan terus mengembangkan ilmu yang diperoleh.
“Wisuda Politeknik tahun ini adalah wisuda ke-33 dan tahun ini jumlah wisudawan wisudawati ada berjumlah 1010 wisudawan dari 6 jurusan jurusan elektro, kimia, Teknik Sipil, akuntansi, administrasi bisnis dan jurusan Teknik Mesin. Kami memilih tema penguatan sumber daya manusia dalam era disrupsi teknologi” ucap Ketua Penyelenggara.
“Kalau dari segi kurikulum sendiri Mungkin iya karena dari Politeknik Negeri Ujung Pandang sendiri kurikulumnya sudah sangat bagus tetapi mungkin sarana dan seperti laboratorium komputer yang mau ditingkatkan. Harapannya, Semoga bisa sukses kedepannya dan untuk wisudawan Politeknik tahun berikutnya bisa menjadi sumber daya manusia yang membanggakan untuk Politeknik sendiri dan almamater” ucap salah satu lulusan terbaik pnup.
Pada kesempatan ini, direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Profesor Insinyur Muhammad Ansar Ph.D memberikan penghargaan kepada 21 Wisudawan terbaik dari setiap program studi dengan nilai rata-rata kumulatif sebesar 3,8.
Jangan Lupa Ikuti Sosial Media Kami Untuk Mendapatkan Berita-Berita Ter-Update

Belum ada Komentar untuk "Wisuda Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel