Kemah Budaya 2022

 Kemah Budaya 2022

Kemah budaya merupakan salah satu program kerja bidang Pendidikan Budaya dan teknologi Hipermawa Koperti PNUP yang bertujuan sebagai ajang untuk merefleksikan kembali upaya kita merawat dan melestarikan budaya dan kearifan lokal khususnya di Kabupaten Wajo. Target kegiatan ini adalah siswa-siswi SMA/SMK/sederajat Se-kabupaten Wajo yang tahun ini terdaftar sebanyak 9 sekolah dengan masing-masing 15 orang per sekolah. Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala Balai Pelestarian Nilai budaya provinsi Sulawesi Selatan. Pada malam pembukaan terdapat penampilan spesial dari angaru & tarian Paduppa dari panitia kemah budaya, selain itu juga terdapat penampilan spesial dari maestro Bugis oleh bapak Bangkini.


Kemah budaya terdiri dari beberapa item kegiatan yang tentunya berhubungan dengan budaya dan kearifan lokal. Seperti adanya Permainan tradisional yang terdiri dari makadendeng, mabbong, massallo, matterompa, makkadaro, dan mallongga. Bersama dengan itu, 2-3 perwakilan peserta dihimbau untuk mengikuti  kunjungan situs di daerah tosora, yang dipercaya merupakan daerah yang memiliki banyak tempat bersejarah di kabupaten Wajo. Pada saat itu,  juga diadakan  kelas diskusi dengan para toko budaya. Seperti adanya materi; pengantaran Wajo ; pergeseran kebudayaan lokal oleh globalisasi ; sejarah lontara, eksistensi lontara, dan menulis harfiah makna lontara bugis ; Eksistensi Budaya dipandangan remaja Dan materi desain grafis. Hasil dari kunjungan situs (jejak budaya) kemudian dituangkan dalam infografis berupa pamlet yang berisikan tentang teori yang didapatkan.

Malam harinya diisi dengan malam pementasan seni yang dibuka dengan adanya penampilan spesial dari panitia berupa akustik dan musikalisasi puisi yang selanjutnya peserta menampilkan akustik dan musikalisasi puisi berteman budaya kabupaten Wajo. Di tengah penampilan, salah satu juri menampilkan persembahan spektakuler berupa puisi dan tentunya sangat menghibur para penonton. Selain itu, juga terdapat penampilan tari 4 Etnis dari sanggar We Cudai yang merupakan naungan dari Hipermawa Koperti PNUP.

Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman hasil lomba dan kegiatan foto bersama dengan peserta Kemah Budaya.


Belum ada Komentar untuk "Kemah Budaya 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel