BINCANG BUKU "BANGKITLAH GERAKAN MAHASISWA"

Walau materi kuliah diajarkan dengan buruk, dosen mengajar tanpa militansi dan tata tertib yang kiankeji. Tapi kampus tetaplah sebuah pintu menuju petualangan – Eko Prasetyo

            Kalimat di atas merupakan refleksi keadaan kampus zaman sekarang. Di mana mahasiswa hanya menerima pelajaran yang diberikan oleh dosen yang mengajar tanpa militansi serta tata tertib yang kiankeji. Bukannya menjadikan mahasiswa kreatif dan inovatif, melainkan akan menjadikan mahasiswa layaknya serdadu atau robot-robot yang serba dituntun. Eko Prasetyo, sipenulis buku Bangkitlah Gerakan Mahasiswa, secara tak langsung merevolusi para pembaca. Khususnya mahasiswa, untuk tidak apatis dan menjadi mahasiswa yang berguna untuk kehidupan.

          Bangkitlah Gerakan Mahasiswa adalah buku yang menjelaskan status mahasiswa di zaman sekarang juga tentang problematika peraturan kampus yang tak berguna. Eko Prasetyo selalu menanyakan posisi mahasiswa, status gerakan mahasiswa dan tujuan berkuliah. Buku ini mengajak para pembaca untuk membangkitkan gerakan mahasiswa seperti saat mahasiswa memperjuangkan reformasi.

            Eko Prasetyo menjelaskan siapa yang sebenarnya merusak moral bangsa ini. Harusnya kampus berteriak lantang jika ada korupsi yang meraja lela. Harusnya kampus malu jika jadi dosen puluhan tahun tapi tak ada karya karena sibuk dengan proyek di luar kampus. Pantaskah kampus dikatakan bermoral jika hanya punya berhala bayaran dan janji untuk mendapat pekerjaan? Maka bias dimaklumi jika kampus lalu memenuhi mahasiswanya dengan segala aturan dan kebohongan.

            Buku ini semacam risalah provokasi. Tujuannya adalah agar pembaca terbuka hatinya untuk tidak apatis dan  bergerak menyuarakan kebenaran yang ada di dalam hati nurani setiap insan. Dalam sejarah mahasiswa memperjuangkan reformasi, terbukti mahasiswa mampu merubah keadaan Negara Indonesia menjadi lebih baik. Maka, Eko Prasetyo mengharapkan mahasiswa zaman sekarang bercermin tentang gerakan mahasiswa tahun 1998. Kini saatnya mahasiswa bangkit kembali. Menyuarakan apa yang selama ini hanya jadi keresahan dan keluhan.

 


Penulis : Ichwan Hidayah

Belum ada Komentar untuk "BINCANG BUKU "BANGKITLAH GERAKAN MAHASISWA""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel