Kelas Perdana Public Speaking



Pelaksanaan kelas Public Speaking untuk pertama kalinya dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Januari 2020 pukul 20.00 WITA. Kelas yang  dibawakan oleh Kakanda Fardiansyah Karim, S.Pd. sebagai pementor ini adalah kelas yang dibentuk dan juga merupakan program kerja dari bidang PAPO dalam kepengurusan 2019-2020 HIPERMAWA KOPERTI PNUP. Kelas Public Speaking ini diikuti oleh Mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya dan yang ingin ikut dalam kelas ini dengan tujuan agar dapat berbicara didepan umum, berinteraksi dengan orang lain, serta manfaat-manfaat lainnya yang diperoleh selama kelas ini berlangsung.

            Dalam kelas tersebut diajarkan  tentang Public Speaking yang merupakan bentuk komunikasi dimana seorang pembicara menghadapi pendengar dalam jumlah yang relatif besar dan pembicaraan yang relatif kontinu. Tujuan dari Public Speaking ini yaitu menyampaikan informasi kepada audiens, menghibur audiens, dan mempengaruhi audiens. Manfaat yang dapat diperoleh dari kelas Public Speaking ini yaitu dapat mengurangi ketidaktahuan,, mengurangi tekanan, memperbaiki hubungan, memahami permasalahan, serta menyelesaikan masalah.

            Dalam kelas tersebut disampaikan bahwa hal yang membentuk seseorang menjadi pembicara efektif adalah proses belajar dan berlatih, lingkungan yang kondusif, dan bakat. Lalu dijelaskan pula mengenai cara mengatasi rasa tidak percaya diri diantaranya yaitu mempersiapkan dan melakukan latihan, mencari pengalaman, melakukan kegiatan fisik, menganggap demam panggung adalah hal yang wajar. Selain itu, disampaikan juga cara meraih rasa percaya diri. Cara meraih rasa percaya diri yang dimaksud yaitu dengan melepaskan rasa sesal, gambaran diri, tidak takut gagal, penampilan, dan mengingat semua sukses masa lalu. Setelah itu, hal yang perlu diperhatikan yaitu variasi suara, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh. Dijelaskan pula kecepatan bicara dan artikulasi saat berbicara dan juga tips merebut atensi.
            Selama kelas perdana ini berlangsung pemateri dan peserta kelas ini berinteraksi dengan baik sehingga kelas tidak membosankan. Dengan penyampaian yang mudah dimengerti membuat jalannya kelas ini berjalan baik. Diharapkan agar dengan adanya kelas ini dapat mendapakna ilmu dan juga berbagi ilmu khususnya dalam berbicara didepan umum. Setelah kelas perdana Public Speaking ini selesai, kelas Public Speaking dilanjutkan dipertemuan berikutnya.

Jangan Lupa Ikuti Sosial Media Kami Untuk Mendapatkan Berita-Berita Ter-Update

Belum ada Komentar untuk "Kelas Perdana Public Speaking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel