Literasi - Review Buku "Senarai Inspirasi"

Literasi - Review Buku "Senarai Inspirasi"

Judul Buku : Senarai Inspirasi
Oleh : Dirhamzah


Bagian Pertama - Sosok – Sosok Pahlawan

1. Darkonah, The Unsung Hero.
     Seorang wanita yang rela mengorbankan masa depannya menjadi TKW di Hongkong dengan niat awalnya untuk membantu keluarganya yakni menyelamatkan nyawa bapaknya dan membantu Ibu dan kakaknya. Meskipun demikian jalan hidup yang dipilihnya itu memiliki akar unsur keterpaksaan dengan keadaan yang memintanya.

2. Amara dan Rumah Pintar Ayem Tentrem
     Yakni seorang anak yang berusia dini namun memiliki impian yang tak biasa dimiliki anak seusianya. Impiannya adalah berusaha menularkan kemampuannya kepada anak-anak yang satu desa dengannya. Salah satu usahanya ialah membuat rumah pintar yang menjadi tempat belajar untuk anak-anak di desanya karena menurutnya membaca adalah jendela dunia, dengan membaca pengetahuan seseorang akan terus bertambah sehingga memacu pemimpin yang lebih inspirasi dan kreatif yang diyakini nantinya akan memperbaiki taraf hidup masyarakat di desanya.

3. Bu Ros, Guru Kami Pahlawan Semesta
     Adalah seorang yang telah berkontibusi untuk mencerdaskan bangsa. Ia merupakan seorang guru di sebuah madrasah yang terbilang sudah tidak muda lagi dan memiliki keterbatasan fisik. Meskipun keadaan fisiknya sudah mulai melemah, tetapi kemampuannya mengajarnya menyaingi guru lain yang lebih muda darinya. Ia merupakan orang yang cukup disegani dikalangangan muridnya.

4. Kojrat, Penyandang Caca Penyayang Ibu
     Seorang penyangdang cacat yang memiliki keterbatasan fisik dan tak sama seperti manusia pada umumnya. Namun semangat yang ia miliki tak pernah surut, senantiasa berusaha untuk bangkit sesuai kemampuan yang dimilikinya untuk bekerja dan menafkahi keluarga meskipun orang-orang selalu memandangnya buruk karena keterbatasan yang ia miliki.

5. Pak Dede, Hilang Tangan Tak Berarti Hilang Harapan.
     Seoarnag yang telah menggantungkan harapan pada kemamppuan dan keyakinannya untuk terus berjuang. Meski telah mendapat maslah di awal usahanya, ia tetap tidak menjadikannya sebagai sebuah kendala besar. Keterbatasan fisik ia miliki setalah kecelakaan tidak menjadi penghalang baginya. Ia tetap yakin pada dirinya dan berusaha bekerja dengansisa kemampuannya.

6. Pak Sarbini, Difabel but can be a Greatest Hero
     Seorang yang tidak memiliki kaki sejak lahir (difabel). Meski demikian, dia adalah seorang yang patut dijadikan inspirasi. Ia menjadi penyelamat orang lain ketika dirinya sendiri sulit untuk berjalan dengan niat tulus membantu orang lain dan masih berusaha menjadi berguna untuk orang lain, yang mungkin tidak semua orang memiliki pemikiran seperti itu.

7. Pemuda Berpartisipasi Pengolah Sampah Plastik
     Seorang anak yang sejak pendidikan awal telah mandiri dan memiliki jiwa berwirausaha karena ingin membantu orangtua. Ia berlaku demikian karena ia mengetahui keadaan keluarga. Maka dari itu ia terus berusaha dan akhirnya usaha yang ia rintis senantiasa berkembang. A juga tak lupa mengajak teman-temannya dan memberdayakan Ibu rumah tangga. Berkat kegigihan skill berwirausahanya menajam dan membawanya menjadi seorang yang berprestasi.

8. Tukang Angon Membangun Desa
     Seorang tukang angon bercita-cita membangun desa, meski awal terasa sulit, namun berkat jiwa pantang menyerah yang ia miliki keinginanya terbilang berhasil. Dia memulia semuanya dengan membentuk tim, ia pun melibatkan pemerintah untuk membangun desanya, memberantas kebodohan, dan melakukan pembangunan di daerahnya. Sungguh usaha yang begitu besar dan telah mampu mengubah kehidupan dan kondisi desanya.

9. Tukang Sampah Pahlawan Lingkungan
     Seorang pemulung sampah yang memiliki jasa besar bagi segelintir orang, namun tidak semua orang menganggapnya seperti tiu. Banyak orang menganggap pekerjaan tersebut sangatlah rendah dan hanya sebagai pilihan terakhir bila tak ada lagi pekerjaan. Tapi pernahkah kita berpikir, apa yang akan terjadi jika profesi seperti ini tidak ada, jelas tidak akan pernah ada keindahan dan kebersihan, penyakit senantiasa bermunculan, dan mungkin sja bencana akan terjadi pula.

Bagian Kedua – Kolaborasi Manfaat

1. Asih Asuh di Yayasan Sayap Ibu
     Adalah sebuah yayasan tempat penitipan anak baik itu anak-anak terlantar ataupun anak – anak yang dititipkan orangtua karena tak mampu dibiayainya. Pengasuhan yang diberikan di yayasan ini sangatlah baik karena para pengasuhnya sebelumnya telah diberikan bekal pendidikan psikologi anak yang memadai. Apa yang diberikan oleh yayasan kepada anak-anak adalah pelayanan secara fisik maupun metalnya. Telah banyak donator yang telah terdaftar untuk yayasan ini, karena mengingat kegiatan pengadaan yayasan ini merupakan gerakan peduli anak kurang beruntung yang kelak juga kan menjadi penerus bangsa.

2. Dua Pejuang Masyarakat Mandiri
     Merupakan kelopmpok pendamping mandiri atau masyarakat mandiri yang tergabung untuk memberdayakan masyarakat duafa yang masing-masing kelompok memiliki desa binaan. MIsalnya di sebuah desa binaan, terdapat Ibu-Obu nelayan yang diberdayakan dengan cara berjuaan hasil laut yang saat ini mulai meyayaingi produk-produk modern. Gerakan ini adalah salah satu gerakan perubahan untuk Negara melalui pemberdayaan masyarakat kecil.

3. Biogas Berundak Cicalung Lembang (BCL)
     Pemuda- Pemuda Cicalung yang tergabung di dala komunitas BCL. Di kampong tersebut masyarakat pada umunya berkebun dan berternak. Maka dari itu komunitas ini terbentuk karena melihat peluang apa ynag tersisa dari hasil berkebun dan bertenak sepertinya kotoran ternak yang kemudian mereka berinisiatif untuk mengolahnya dan menjadikannya biogas yang kemudian berguna untuk perkebunan masyarakat. Untuk merealisasikan kegiatan, mereka telah melakukan kersam dengan pihak – pihak lain sehingga kegiatan ini dapat memberdayakn pengangguran dan meningkatkan produktivitas di Cicalung, Lembang.

4. Emak School dari Bantul
     Seorang Ibu rumah tangga yang tak ingin kalah dengan pemberdayaan masyarakat. Ia membuka kelas pendidikan untuk anak, hidup sehat dan sebagainya untuk Ibu – Ibu rumah tangga dan telah melakukan kerja sama dengan pihak lain sehingga kelas ini telah berjalan.

5. Inspirasi Rumah Baca Rahim Bandung
     Media yang dirintis oleh dua orang yang bergerak di bidang pendidikan anak yakni pengadaan rumah belajar. Kegiatan in tidak ditanggapi positif oleh masayarakat dikarenakan masyakat skeitar hanya memperhatikan pekerjaan yang mendukung kehidupan sehari-hari yang menjadikannya mengesampingkan pendidikan anak. Namun karena usaha, rumah baca telah membuka kelas bimbingan belajar secara gratis meski dengan tenaga pengajar yang digaji secukupnya dari penyisihan uang perusahaan salah satu peintis rumah baca. Seiring berjalannya waktu, kelas bimbingan belajar seperti mata pelajaran IPA dan Bahasa Inggris juga dibuka, tetapi kendala yang dirasakan lagi menyangkut tenaga pengajar yang boleh dbilang cukup minim dikarenakan lokasi jauh dan akses transportasi juga kurang memadai. Kegiatan ini merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dapat mengurungi krisis pendidikan di Indonesia.

6. Kiprah Lansia dari Kasatrian Madiun
     Adalah sebuah gerakan pemberdayaan masyarakat yakni dengan membentuk wadah seperti posyandu lansia atau paguyuban yang dikelola oleh penduduk lansi dengan harapan agar mereka juga dapat berperan aktif dalam kelompok tersebut.

7. Madrassah Plus - Plus dari Agam
     Madarah yang menjadi media pembelajaran khususnya di bidag agama Islam yang dibuat dan ditujukan gratis untuk masyarakat kelas menegah ke bawah.

8. Pemberdayaan Pedagang Jajanan Sehat
     Pemberdayaan masyarakat urban yakni masyarakat yang yang dating ke kota untuk mencari pekerjaan. Pemberdayaan ini lebih ditujukan bagi para ibu rumah tangga yang notabenenya hanya mengurus keluarga dan tak memiliki pekerjaan. Program ini bertujuan untuk mensejahterahkan kehidupan keluarga yang berekonomi rendah, maka dari program ini Ibu rumah tang yang awalnya tak memiliki pekerjaan dapat menjadi penjual jajanan sehat yang dpat menambah pemasukan kas keluarga. Melalui program ini kesenjangan social dapat teratasi dan salah satu gerakan perubahan melalui pemberdayaan masyarakat.

9. Investasi Dua Dunia
     Investasi ini merupakan invests jangka panjang yang memungkinakan kehidupan di negeri ini akan menjadi lebih baik yaitu peningkatan pendidikan. Salah satu metode peningkatan mutu pendidikan yakni membuka rumah belajar yang ditujukan kepada anak – anak yang tak mengenal pendidikan, maka dengan adanya rumah belajar mereka dapat terfasilitasi. Selain program pendidikan rumah baca, para pendiri juga merencanakan program pemberdayaan wanita dan peduli lingkungan.

Bagian Ketiga – Renungan; Pahlawan di Sekitar Kita

1. Everyone is Hero : Bermanfaat bagi Orang Lain
     Setiap manusia tentunya memiliki jiwa kepahlawan misalnya sikap untuk menjaga dan memperjuangkan adalah salah satu contoh jiwa kepahlawanan. Seperti halnya seorang kepala keluarga yang bekerja untuk keluarga dan seorang guru yang memberikan pendidikan. Kedua hal tersebut dapat dikategorikan sebagai sikap pahlawan. Sikap pahlawan dapat diartikan sebagai sikap bagaimana seseorang dapat bermanfaat bagi orang lain.

2. Ibu Lentera Hidupku
     Kisah seorang anak yang bercerita tentang kasih saying dan pengorbanan Ibu yang telah menghidupinya. Ibu adalah orang yang telah memeberi begitu banyak pelajaran hidup. Seseorang dengan rasa kesabaran yang sangat tinggi dan tanpa rasa bosan membuat anaknya terus menjadi lebih baik lagi. Ibu ialah orang yang telah mengajarkan arti sesungguhnya tentang keikhlasan dan kesabaran dalam hidup.

3. Ibu Pahlawan Hidupku
     Sebuah kisah tentang Ibu dan anak. Seorang anak yang telah dibesarjan dan diberi pelajaran dengan kasih saying dan penuh pengorbanan. Ibu adalah seorang yang dengan sabar memberi nasihat, semangat ketika kita sedang terpuruk. Dia senantiasa ada ketika kita membutuhkannya, dia orang yang telah berjuang dan membuat kita ada.

4. My Heri is ...
     Sebuah kisah seorang anak yang telah mendapatkan didikan keras dari ayahnya. Pada awalnya ia ragu atas kasih sayang ayahnya, pada suatu waktu ia harus berpisah karena akan melanjutkan sekolahnya dan iapun tersadra bahwa didikan keras dari ayahnya tidak lain untuk kebaikannya. Dan ia juga telah menyadari bahwa seseorang meyayangi dengan caranya sendiri.

5. Surat untuk Ibuku : Saidah
     Sebuah kisah sederhana dari seorang anak kepada Ibunya yang tersadar akan arti seorang Ibu yangtekah mengajarkan makna kehidupan yang orang lain mungkin tak mendapatkannya. Ibu senantiasa memperhatikan dan peduli akan anaknya, sehingga ia memiliki impian untuk membalas semua jasa Ibu kelak ketika ia telah sukses.

6. Becak Dakwah Pak Masran
     Becak motor yang telah membawa hidayah. Seorang yang mengendarai becak dengan penuh harapan akan penghasilan sehari-hari. Setiap harinya becak tersebut mengantarkan warga setempat untuk pergi ke pasar Selain itu becak tersebut juga senantiasa mengantar seorng guru mengaji di desa tersebut. Di suatu waktu, ia mengatar seorang pria yang berusia 40 tahun menuju suatu perkampungan yang ternyata orang tersebut akan menjadi muallaf. Disitulah letak kebaikan oleh seorang dengan becak motornya yang telah menjadi perantara kebaikan bagi orang lain.

7. Murabbiku Pahlawanku
     Kisah seorang anak mentoring yang sangat mengagumi pementornya, banyak hal yang telah diajarkan kepadanya yang memang belum pernah ia dapatkan pelajaran seperti itu sebelumnya. Guru dan orangtua boleh saja telah mengajarkannya namun pementor tersebut memiliki prespektfi berbeda dalam memberinya pelajara, konsistensi dalam menjaga ilmu agama dan pengalamannyapun telah diajarkan.

Bagian Keempat – Indonesia Move On

1. Move On dari Kebodohan
     Sepenggal artikel untuk mewujudkan apa yang ada dalam lagu nasional, segala yang pernah terlontar dalam pidato, ceramah – ceramah para pejabat tinggi Negara. Beberapa upaya untuk memberantas kebodohan ialah dengan pendidikan gratis yang diyakini dapat memberi peluang bagi anak kurang mampu dan kurang memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang kemudian dapat menuntut ilmu sebagaimana seharusnya. Selain itu upaya lainnya adalah pemberdayaan masyarakat untuk memperbaiki kualitas bangsa. Suatu upaya dalam mencapai bangsa yang berkualitas dengan kehidupan masyarakat yang lebih baik, agar hal tersebut tidak sebatas wacana dan nantinya menjadi kenyataan.

2. Move On bersama Para Ibu
     Sebuaah artikel penggabaran yang jelas bagaimana peranan IBu dalam merubah kehidupan bangsa menuju arah yang lebih baik, mial peranan Ibu dalam mengasuh dan membentuk anaknya. Peranan yang dimilikinya sangatlah penting terhadap kelangsungan masa depan bagsa. Sebagai conoth, peranan Ibu rumah tangga dalam lingkungan rumah, seperti memperbaiki keadaan lingkungan sekitar serta peranannya dalam perkembangan teknologi dunia misalnya memanfaatkan teknologi yang ada untuk memperluas wawasan baik tentang kesehatan dan sebagainya

3. Kekuatan Perubahan agar Indonesia Bisa Move On
     Artikel penggambaran bahwa perubahan dapat dilakukan walau dengan hal kecil sekalipun. Mengupayakan sebuah perubahan tidak semudah apa yang kita pikirkan, namun perubahan dengan suatu hal yang kecil adalah salah satu solusinya. Seperti upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan membuka sebuah sekolah murah namun tetap berkualiatas. Itu merupakan salah satu contoh upaya perubahan di bidang pendidikan yang awalnya dimulai dari diri sendiri serta kesadaran diri akan masalah pendidikan.Dan juga contoh lainnya dengan menyisihkan sedikit rezeki untuk pengelola sekolah kecil tersebut. Masih banyak upaya lain yang dapat kita tempuh jika kita memiliki niat perubahan yang dimulai dari diri sendiri yakni kesadaran diri masing-masing. Upaya kecil namun sangat berarti bagi manfaatnya.

4. Ketika Pilihan di Tangan Indonesia
     Kehidupan bangsa Indonesia hari masih terkesansangat miris jika dibandingkandengan Negara maju dan Negara berkembang lainnya. Hal ini disebabkan oleh masalah latar belakang masayarakt yang berbeda-beda. Jika kita memperhatikan lebih dalam lagi, ada banyak sumber daya yang dapat dikelola baik itu SDA maupun SDM. Jika kita dapat memanfaatkan hal terssebut dengan baik maka kehidupan masyarakat Indonsia dapat menjadi lebih baik lagi. Sebagai upaya atau tindakannya ialah sumber daya di bidang ekonomi misalnya pasar yang menjadi salah satu tempat dimana sejumlah bahan pokok diperdagangkan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat, usaha masyarakat berkembang dan dapat memiliki penghasilan. Sumber daya di bidang kesehatan, memberikan bantuan kepada masyarakat agar masyarakat kurang mampu kebutuhannya dalam hal kesehatan dapat tercukupi. Kemudian sumber dya bidang pendidikan dan social, sebagai langkah peningkatan kualitas pendidikan, media pendidikan seperti sekolah adalah solusinya. Melalui peningkatan kualitas pengajar dan proses belajarnya dapat menjadi upaya untuk lebih memperbaiki kualitas pendidikan di Negara. Selain itu pemanfaatan teknologi juga dapat dijadikan sebagai media ilmu atau pendidikan. Gerakan-gerakan positif juga dapat menjadi upaya dalam menempuh perubahan di Indonesia, seperti komunitas yang dapat menjadi jalan dalam memperbaiki kehidupan masyarakat. Sebuah upaya yang mungkin kurang mendapat perhatian namun sangat berdampak untuk kemajuan dalam kehidupan masyarakat.

5. Membangun Indonesia dengan Zakat dan Wakaf
     Tingkat kemiskinan di Negara ini semakin hari semakin meningkaat. Maka upaya yang dapat dilakuakan salah satunya yakni membangun perubahan melalui lembaga zakat dan wakaf. Zakat dapat sebagai jalan seperti mengelola zakat dari pegawai dan wakah misalnya sumbagan tanh dan bangunan yang semuanya bertujuan untuk mendapatkan manfaat dari segi ibadah dan peningkatan pada ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

6. Disiplin Bolgger dan Indonesia Move On
     Masalah-maslah di Indonesia semakin marak dijumpai baik itu malasah pejabat atu petinggi Negara dan masalah social lainnya. Kita harus bias lebih memperhatikan dan lebih peduli kepada Indonesia dengan melakukan upaya-upaya yang bias menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Salah satunya ialah memanfaatkan teknologi dan media komunitas yang dpat menyuarakan masalah yang terjadi misalnya blogger. Media tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan masalah yang ada dan memposting di internet dalam hal ini dalam blog tersebut, sehingga masalah tersebut dapat tersampaikan bahkan bias saja menumbuhkan kesadaran bagi orang yang membacanya. Sebuah upaya kecil dimana manfaatnya dapat menjadi suatu gerakan perubahan untuk kehidupan di Indonsia khususnya bagi tatanan kehidupan masyarakat.

Belum ada Komentar untuk "Literasi - Review Buku "Senarai Inspirasi""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel